Logika Matematika
A.PERNYATAAN
Latihan 1
Tentukan manakah yg merupakan pernyataan.
1. Jakarta mendapat julukan kota banjir.
1. Jawab: pernyataan (benar)
2. Barcelona adalah sebuah kota di Italia.
2. jawab : pernyataan (benar)
3. 22 + 32 = 52
3. jawab : pernyataan (salah)
4. 256 merupakan bilangan kuadrat.
4. Jawab : pernyataan (benar)
5. Siapa namamu?
5. Jawab: bukan pernyataan
6. Ada 356 hari dalam setahun.
6 Jawab: pernyataan (benar)
7. 3 + a2 ≤ 12
7 Jawab: kalimat terbuka
8. Suara piano enak didengar.
8 Jawab: bukan pernyataan
B.KALIMAT TERBUKA
Latihan 2
Tentukan x agar kal terbuka berikut ini bernilai Benar.
1. 3x > 12 = benar
X ={5,6,7,…}
Jadi 3x > 12 = 3 (5) > 12 = 15>12
= 3 (6) > 12 =18 > 12
= 3 (7) > 12 = 21 > 12 ,dst.
Hp : {5,6,7,…}
2. Kata MATEMATIKA terdiri dari x huruf.
X ={6} , sehingga kata MATEMATIKA terdiri dari 6 huruf, (MATEIK)
Hp : {6}
3. 2log x = 5
X = {32}, sehingga 2 log 32 = 5
Hp : {32}
4. Volume kubus yg rusuknya 3 cm adalah x cm3.
X = {27}, sehingga volume kubus yang rusuknya 3 cm adalah 27 cm3.
Hp : {27}
5. Jumlah pemain sepak bola tiap tim adalah x orang.
X = {11} , sehingga jumlah pemain sepak bola tiap tim adalah 11 orang.
Tentukan x agar kal terbuka berikut ini bernilai Salah.
6. x2 – 3x – 4 = 0
X = {1,2,3}
Jadi misal: x = (1) = x2-3x-4 =0
= 12-3(1)-4 = 0
-6 = 0 (Salah)
7. 3x – 7 < 5x + 1
3x - 5x < 8
-2x < 8
x < -4
x > -4
xó {-5, -6, …}
8. log 1000 = x
X = {2}, sehingga log 1000 =2
Hp : {2}
9. Ibukota Inggris adalah x.
X = {Washington DC }, sehingga Ibukota Inggris adalah Washington DC .
Hp : { Washington DC }
C.NEGASI (-)
Latihan 3
Tentukan nilai kebenaran pernyataan berikut ini.
1. 2 adalah bilangan prima genap.
Jawab: ( benar )
2. Danau Toba terletak di Palembang.
Jawab: ( salah )
3. Jumlah dua bilangan ganjil adalah bilangan ganjil.
Jawab: ( salah )
4. 2 + (3 + 8) = (2 + 3) + 8
Jawab: ( benar )
Tentukan penyelesaian kalimat terbuka berikut:
5. X2+4 >0
X = {0,1,2,…} kalimat terbuka bernilai benar
X=(0) = 02+4>0 (2) = 22+4>0
= 4>0 = 8>0
X = (1) = 12+4>0
= 5>0 ,Jadi Hp :{0,1,2,…}
6. 4a – 1 = 19
a= {5} kal.terbuka bernilai benar
a(5) = 4(5)-1 =19
19 = 19 . Jadi Hp : {5}
7. 3a + 1 = 7 dan a bilangan prima ganjil.
a={2} kal.terbuka bernilai salah ,karena 2 merupakan bilangan prima genap.
3(2)+1 =7 . Jadi Hp : {2}
8. X2+25 41
X = {4} kal.terbuka bernilai benar
(4)2 +25 = 41 . Jadi Hp : { 4}
Tentukan negasi dan nilai kebenaran dari:
9. Bunga mawar pasti berwarna merah.
P : Bunga mawar pasti bewarna merah
-p : bunga mawar tidak pasti bewarna merah.
10. 5x + 32 = 18 adalah persamaan kuadrat.
P : 5x + 32 = 18 adalah persamaan kuadrat
-p : 5x +32 = 18 adalah persamaan kuadrat.
11. Musim hujan tahun ini akan berlangsung lama.
P : Musim hujan tahun ini akan berlangsung lama
-p : Musim hujan tidak akan berlangsung lama.
D.KONJUNGSI (Ù)
latihan 4
1. Diketahui beberapa pernyataan :
p: Kutub senama magnet akan salaing tolak.
q: Indonesia adalah Negara ASEAN.
r: π adalah bilangan ganjil.
Tentukan nilai kebenaran dari :
a. p Ùq : Kutub senama magnet akan saling tolak dan Indonesia adalah Negara ASEAN.
b. p Ù r : Kutub senama magnet akan saling tolak dan π adalah bilangan ganjil.
c. p Ù -q : Kutub senama magnet akan saling tolak dan Indonesia bukan Negara ASEAN.
d. –q Ù r : Indonesia bukan Negara ASEAN dan π adalah bilangan ganjil.
2. Tentukan nilai x pada kal.terbuka berikut ini agar p(x) Ù q bernilai benar :
a. p: 4x-2 > 10
q: (6+4)2 ¹62+42
x = {4}, maka p(x) Ùq kal.terbuka bernilai benar
Jadi x (4) = p: 4(4)-2 > 10
Hp : {4}
b. p: x2= 81
q: 23.42 = 27
x = {9} , jadi p(x) Ùq = (9)2=81
Hp : {9}
Tentukan nilai x agar konjungsi berikut bernilai benar.
3. 4x-7=3 dan 9-3=6
p : 4x-7=3
q : 9-3=6 (B)
x= , maka p(x)Ùq bernilai benar.
4. Jakarta adalah Ibukota Indonesia (B) dan 5x = 15.
X = {3}, sehingga 5x = 15 = 5(3)=15 , maka bernilai benar.
5. 4x=12 dan 23.42=27
X = {3}, sehingga p(x)Ùq = 4(3)=12 , maka bernilai benar.
Tentukan nilai x agar konjungsi ini bernilai salah.
6. 4x=12 dan 45-8=37(B)
4x-12,
Jadi x¹3 , maka kal. Terbuka bernilai salah.
7. Singa berkaki empat (B) dan 2x+3 = 15.
2x+3 =15
2x= 15-3
Jadi X ¹ 6 , maka bernilai salah.
8. 3x > 18 dan bensin adalah zat cair (B)
3x > 18, x ≤6
Jadi x≤ 6, maka bernilai salah.
9. X2-12+20 = 0 dan 5+7 =12 (B).
Jadi X ¹ 10, maka bernilai salah.
E.DISJUNGSI (Ú)
Latihan 5
Tentukan nilai kebenaran dari tiap disjungsi berikut ini.
1. 3 adalah bilangan prima atau 4 bilangan genap.
p : 3 adalah bilangan prima (B)
q : 4 bilangan genap (S)
maka pÚqº (B) Ú (S) º (B)
2. 3 x 32 = 34 atau 4 faktor dari 12.
P : 3 x 32 = 34 (S)
Q : 4 faktor dari 12. (B)
Maka pÚqº (S) Ú (B) º (B)
3. Manusia berkaki dua v Rubin adalah presiden Yunani.
p : Manusia berkaki dua (B)
q : Rubin adalah presiden Yunani. (B)
maka pÚqº (B) Ú (B) º (B)
4. Jika p bernilai Salah dan q Benar, tentukan nilai kebenaran dari :
a. p Ú q º (S) Ú (B) º (B)
b. p Ú -q º (S) Ú (S) º (S)
c. –(-q Ú p) º -( (S) Ú (B) ) º -(B) º (S)
Carilah nilai x agar tiap disjungsi berikut ini bernilai benar
5. 2x+1 = 13 atau 3-3=1
p : 2x+1 = 13
q : 3-3 = 1 (S)
disjungsi bernilai benar, maka nilai x = 6 (B) . Jadi 2 (6) +1 =13
6. X2-36 = 0 atau 7 adalah bilangan prima.
p : x2-36 = 0
q : 7 adalah bilangan prima (B)
disjungsi bernilai benar ,maka nilai x = 6 (B) . Jadi (6)2-36=0
7. 8-x3 = 0 atau 3 adalah faktor dari 28.
p : 8-x3 = 0
q : 3 adalah faktor dari 28 (B)
disjungsi bernilai benar , maka nilai x = 2 (B). Jadi 8-(2)3=0
Carilah nilai x agar tiap disjungsi berikut bernilai salah.
8. 20-x = 9 atau 48x 2 = 96
p : 20-x = 9
-q : 48x 2 ¹ 96 (S)
disjungsi bernilai salah maka nilai x ¹ 11.
9. 4x > 20 atau 122 = 144
p : 4x > 20
-q : 122 ¹ 144
Disjungsi bernilai salah , maka nilai x ≤ 5
10. 4-x = 7 atau kubus mempunyai 12 rusuk.
p : 4-x = 7
-q : kubus tidak mempunyai 12 rusuk
Disjungsi bernilai salah , maka x ¹ (-3)
11. Buatlah table kebenaran dari :
a. –p Ú q
p | q | -p | -pÚq |
B | B | S | B |
B | S | S | S |
S | B | B | B |
S | S | B | B |
b. (pÙ-r) Ú q
p | q | r | -r | (pÙ-r) | (pÙ-r)Úq |
B | B | B | S | S | B |
B | B | S | B | B | B |
B | S | B | S | S | S |
B | S | S | B | B | B |
S | B | B | S | S | B |
S | B | S | B | S | B |
S | S | B | S | S | S |
S | S | S | B | S | S |
F.IMPLIKASI (→)
LATIHAN 6
1. Jika 4 + 5 = 9 maka 5 x 6 = 30
4 + 5 = 9 (benar)
5 x 6 = 30(benar)
B ® B = B (Benar)
2. Jika 3 adalah faktor dari 12 maka 12 habis dibagi 5.
3 adalah faktor dari 12(benar)
12 habis dibagi 5(salah)
B ® S = S (salah)
3. Jika 3 x 2 < 8 maka 8 bilangan genap
3 x 2 < 8
6 < 8 (benar)
8 bilangan genap (benar)
B ® B = B (Benar)
4. Jika p bernilai Salah, q Benar, dan r Benar, maka tent.nilai kebenaran dari :
a. p→q º (S) →(B) º (B)
b. -q→ -p º (S) → (B) º (B)
c. –q Ú (r→p) º (S) Ú (B→S) º (S) Ú (S) º (B)
5. Tentukan x agar implikasi berikut ini menjadi Benar :
a. Jika 2x + 1 = 9 maka 5 +3 = 8
p : 2x + 1 = 9 (B) , maka x ¹ 4
q : 5 +3 = 8 (B)
p→qº (B)→(B) º (B)
b. Jika 72 – 3 = 45 maka 5x = 40
p : 72 – 3 = 45 (S)
q : 5x = 40 (B) , x = sembarang angka (real)
p→qº (S) →(B) º (B)
c. Jika 15-6=9 maka 4x-3=3x
p: 15-6=9 (B)
q: 4x-3=3x (B), maka x =3
p→qº (B) → (B) º (B)
6. Tentukan nilai x agar menjadi Implikasi yg Salah:
a. Jika 2x + 1 = 9 maka 5 + 3 = 8
2x + 1 = 9
2x=8
X=4(Benar)
5 + 3 = 8 (Benar)
Agar manjadi implikasi yang salah maka 5+3¹8(Salah)
(Benar) ®(Salah)= Salah
b. Jika 72 – 3 = 45 maka 5x = 40
72 – 3 = 45 (Benar)
5x = 40
X=8
agar implikasi itu bernilai salah maka x ¹ 8 (salah)
(Benar) ®(Salah)= Salah
c. Jika 15 – 6 = 9 maka 4x – 3 = 3x
15 – 6 = 9(Benar)
4x – 3 = 3x
4x-3x=3
X=3
agar implikasi itu bernilai salah maka x ¹ 3
7. Buatlah tabel kebenaran dari:
a. p → ~q
p | q | ~q | p ® ~q |
B | B | S | S |
B | S | B | B |
S | B | S | B |
S | S | B | B |
b. (~p Ùr) ® q
p | q | r | ~P | ~p Ùr | (~p Ùr) ® q |
B | B | B | S | S | B |
B | B | S | S | S | B |
B | S | B | S | S | B |
B | S | S | S | S | B |
S | B | B | B | B | B |
S | B | S | B | S | B |
S | S | B | B | B | S |
S | S | S | B | S | B |
8. Periksalah, apakah pernyataan berikut ini ekuivalen?
a. ~(p Ù q) dan ~p Ú ~q
p | q | ~P | ~q | ~(p Ù q) | ~p Ú ~q |
B | B | S | S | S | S |
B | S | S | B | B | B |
S | B | B | s | B | B |
S | S | B | B | B | B |
pernyataan diatas ekuivalen
b~(p → q) dan p Ù ~q
p | q | ~q | ~(p → q) | P Ù ~q |
B | B | S | S | S |
B | S | B | B | B |
S | B | S | S | S |
S | S | B | S | S |
G. BIIMPLIKASI
Latihan 7
1. 3 adalah bil ganjil jika dan hanya jika 3 faktor 15.
3 adalah bil ganjil (benar)
3 faktor 15. (benar)
B« B=B (Benar)
2. 3 + 8 = 11 jika dan hanya jika 11 habis dibagi 2.
3 + 8 = 11(benar)
11 habis dibagi 2.(salah)
B« S=S (salah)
3. Jika p Benar dan q Salah, tentukanlah kebenaran dari :
a. ~p ↔ q
Jwb:S« S= B (Benar)
b. b. ~(q ↔ p)
jwb:~(S«B)=~(S)=B (Benar)
Tentukan nilai x agar biimplikasi berikut ini menjadi Salah:
4. x – 3 = 5 jika dan hanya jika 4 > 5
x – 3 = 5
x=8(Benar)
4 > 5
4 lebih besar dari 5 itu salah
Jadi B« S=S (salah)
5. X2– 4 = 0 jika dan hanya jika X2 – 5x + 6 = 0
X2 = 4
X = 2
X tidak sama dengan 3
6. 24x = 72 jika dan hanya jika 5 bilangan prima.
24x = 72
X=3 dimisalkan x= 3 berarti (Benar), Agar pernyataan ini bernilai salah maka nilai x¹3 (salah)
5 bilangan prima
5 adlah bilangan prima itu (Benar)
S« B=S (salah)
H. KONVERS,INVERS,KONTRAPOSISI
Latihan 8
Tentukan konver, invers, dan kontra posisi dari:
1. Jika saya lapar maka saya makan.
konvers:jika saya makan maka saya lapar
Invers:jika saya tidak lapar maka saya tidak makan
Kontra posisi:jika saya tidakmakan maka saya tidak lapar
2. Jika x = 5 maka x2 = 25
konvers: jika x2=25 maka x=5
Invers:jika x ¹ 5 maka x2 ¹ 25
Kontra posisi:jika x2 ¹ 25 maka x ¹ 5
3. Jika x > 3 maka x2 > 9
konvers: jika x2 > 9 maka x > 3
Invers:jika x tidak lebih dari 3 maka x tidak lebih dari 9
Kontra posisi:jika x tidak lebih dari 9 maka x tidak lebih dari 3
4. Jika monyet makan nasi maka saya makan nasi.
konvers:jika saya makan nasi maka monyet makan nasi
Invers:jika monyet tidak makan nasi maka saya tidak makan nasi
Kontra posisi:jika saya tidak makan nasi maka monyet tidak makan nasi
5. Tentukan konvers dan kontra posisi dari:
a. p ® ~q
Konvers: ~q® p
Kontra posisi: q ® ~p
b. ~p → q
Konvers: q ® ~p
Kontra posisi: ~q® p
c. ~p → ~q
konvers:~q ® ~p
Kontra posisi: q ® p
d. (p Ù q) → r
konvers: r® (p Ù q)
Kontra posisi : ~r® ~(p Ùq)
I. KUANTOR
Latihan 9
Tambahkanlah kata kuantor yang tepat agar menjadi Benar:
1. log x = 2
Jawab: (x) , log x = 2
2. 1x = 1
Jawab:(x) , 1x = 1
3. 14 – x = 10
Jawab: (x),14 – x =10
4. Benda x akan jatuh bebas vertikal menuju pusat bumi.
Jawab:setiap benda x akan jatuh bebas vertikal menuju pusat bumi.
5. Zat cair x akan terasa panas jika dibakar.
Jawab:semua Zat cair x akan terasa panas jika dibakar.
6.Contoh kalimat berkuantor umum dan khusus:
Jawab:
Kuantor umum:Setiap hari si Y pergi ke perpustakaan.
Kuantor khusus:Beberapa anak-anak akan pergi ke perpustakaan.
J. MODUS PONENS, TOLLENS, SILOGISME
Latihan 10
Periksa sah atau tidak argumentasi berikut ini.
1. P1: Jika ada gula maka ada semut.
P2: Tidak ada semut
Tidak ada gula
Misal P1= p®q
P2=~q
~p
Jadi pernyataan diatas sah
2. P1: Jika orang bekerja keras maka uangnya banyak
P2: Ferry seorang pekerja keras.
Ferry uangnya banyak.
Misal P1=p®q
P2=p
q
Jadi pernyataan diatas sah
4. P1: Jika hari hujan maka Sandra memakai payung.
P2: Sandra memakai payung sekarang.
Hari ini hujan.
Misal P1=p®q
P2=q
p
Jadi pernyataan diatas sah
5. Dengan menggunakan tabel kebenaran, periksalah sah atau
tidak tiap argumentasi berikut ini.
a. p ® q
~p
~q
Argumentasi ini Sah
p | q | ~p | ~q | p ® q |
B | B | S | S | B |
B | S | S | B | S |
S | B | B | S | B |
S | S | B | B | B |
b.~q ® p
q~p
q
Argumentasi ini Tidak sah
p | q | ~p | ~q | q~p | p ® q |
B | B | S | S | B | B |
B | S | S | B | S | S |
S | B | B | S | B | B |
S | S | B | B | B | B |
a. p ® q
q ® ~r
p ® ~r
Argumentasi ini Sah
p | q | r | ~p | ~q | ~r | p ® q | q ® ~r | p ® ~r |
B | B | B | S | S | S | B | S | S |
B | B | S | S | S | B | B | B | B |
B | S | B | S | B | S | S | B | S |
B | S | S | S | B | B | S | B | B |
S | B | B | B | S | S | B | S | B |
S | B | S | B | S | B | B | B | B |
S | S | B | B | B | S | B | B | B |
S | S | S | B | B | B | B | B | B |
6. Periksa apakah pernyataan berikut merupakan tautologi:
a. (~p → ~q) ↔ (q → p)
pernyataan ini merupakan TAUTOLOGI
p | q | ~p | ~q | ~p → ~q | q ® p | (~p → ~q) ↔ (q → p) |
B | B | S | S | B | B | B |
B | S | S | B | B | B | B |
S | B | B | S | S | S | B |
S | S | B | B | B | B | B |
b. ~(pq) « (~p~q)
pernyataan ini merupakan TAUTOLOGI
p | q | ~p | ~q | (pq) | ~(pq) | ~p~q | ~(pq) « (~p~q) |
B | B | S | S | B | S | S | B |
B | S | S | B | S | B | B | B |
S | B | B | S | S | B | B | B |
S | S | B | B | S | B | B | B |
EVALUASI
1. Negasi dari “Semua siswa ingin naik kelas”
adalah:beberapa siswa tidak ingin naik kelas
2. Invers dari ”Jika guru tidak datang maka siswa senang”
adalah:jika guru datang maka siswa tidak senang
3. Kontra posisi ”Jika lampu merah maka mobil berhenti”
adalah:jika mobil itu tidak berhenti maka lampu tidak merah
4. Konvers dari ”Jika Cahya lincah maka ia pebasket”
adalah:jika ia pebasket maka Cahya lincah
5. Agar x – 4 = 9 42 – 8=32 menjadi Benar maka x=13
x – 4 = 9
x=13 (benar)
42 – 8=32 (salah) agar bernilai benar maka 42 - 8 ¹ 32 (benar)
B B=B (Benar)
6. Agar x – 4 = 9 42 – 8 = 32 menjadi Benar maka x =13
x – 4 = 9
x=13 dimisalkan x=13 bernilai (benar)
42 – 8=32 (salah)
B S=B (Benar)
7. Agar x – 4 = 9 → 42 – 8 = 32 menjadi Benar maka x ¹ 13
(®)
jadi x – 4 = 9
x=13 dimisalkan x=13 bernilai (benar) agar menjadi bernilai salah maka x ¹13 (salah)
42 – 8=32 (salah)
S®S=B(Benar)
8. Agar x – 4 = 9 « 42 – 8 = 32 menjadi Benar maka x ¹ 13
jadi
x – 4 = 9
x=13 dimisalkan x=13 bernilai (benar) agar menjadi bernilai salah maka x ¹13 (salah)
42 – 8=32 (salah)
S«S=B(Benar)
9. Kalimat ”Jika Sarah rajin maka ia akan sukses” ekuivalen
Dengan: sarah rajin dan ia akan sukses
10. Jika ”
P1: Jika siswa tidak belajar maka ia akan gagal.
P2: Indra sudah belajar.
p ® q
~p
~q
Kesimpulan: Indra tidak akan gagal
11. Dengan membuat tabel kebenaran, selidiki sah atau tidak
penarikan kesimpulan berikut ini:
a. Mayta akan belajar Matematika atau Geografi (p q)
Mayta tidak belajar Geografi (~q)
Jadi: Mayta belajar Matematika
~p ® q
~q
p
Penarikan kesimpulan sah
p | q | ~p | ~q | p q | ~p ® q |
B | B | S | S | B | B |
B | S | S | B | B | B |
S | B | B | S | B | B |
S | S | B | B | S | S |
b. Jika Ale pintar menyanyi maka ia kuliah di Eropa
Ale pintar menyanyi dan ia kuliah di Singapore
Jadi: Ale tidak kuliah di Eropa
Penarikan kesimpuan tidak sah
p | q | r | ~p | ~q | ~r | p ® q | ( p Ù r ) |
B | B | B | S | S | S | B | B |
B | B | S | S | S | B | B | S |
B | S | B | S | B | S | S | B |
B | S | S | S | B | B | S | S |
S | B | B | B | S | S | B | S |
S | B | S | B | S | B | B | S |
S | S | B | B | B | S | B | S |
S | S | S | B | B | B | B | S |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar